Anak Bayi Tidur Gelisah, Menangis Dan Susah Tidur Di Siang / Malam Hari

Monday, March 19th 2018. | Anak-Anak

Mendidik atau merawat seorang anak terbilang gampang-gampang susah, kadang susah dan kadang mudah khususnya diakibatkan anak rewel tidak mau tidur. Bahkan untuk beberapa anak ada yang sering menangis di siang ataupun malam hari dan selalu ingin digendong oleh sang ibu, jika begitu tentunya kita selaku orang tua akan merasa kewalahan dan menjadi sulit beraktifitas seperti memasak, kerja dan lain sebagainya.

Baca juga : 7 Penyebab & Cara Mengatasi Susah Tidur Siang Pada Anak

Lain halnya bagi anak yang sudah bisa berbicara maka keinginannya akan mudah kita ketahui. Kita bisa menanyakan apa yang membuatnya gelisah dan menangis. Tapi bagaimana dengan anak yang belum bisa bicara sehingga kita tidak tahu apa keinginannya, seperti anak di usia 2 tahun ke bawah misalnya, sehingga kita sebagai orang tua pun menjadi bingung apa yang membuatnya rewel gelisah dan menangis sehingga membuatnya tidak bisa tidur.

Maka dari itu di artikel ini kami akan merangkum beberapa hal yang mengakibatkan anak susah tidur gelisah dan menangis sehingga tidak membuat orang tua kesulitan lagi. Yuk mari kita simak saja penyebab bayi tidur gelisah dan menangis di bawah ini.

Anak Bayi Tidur Gelisah, Menangis Dan Susah Tidur Di Siang Malam Hari

Anak Bayi Tidur Gelisah, Menangis Dan Susah Tidur Di Siang Malam Hari

Penyebab Anak / Bayi Tidur Gelisah Dan Menangis Di Siang atau Malam Hari

1. Anak Merasa Haus & Lapar

Penyebab paling umum yang membuat bayi tidur gelisah dan menangis adalah dia merasa haus maupun lapar. Seorang anak atau bayi yang belum dapat berbicara akan mengekspresikan rasa haus dan lapar nya dengan menangis. Jadi kita sebagai orang tua harus paham betul Kapan terakhir kita menyusuinya, memberinya makan dan lain sebagainya sebab anak usia dibawah 2 tahun akan sering merasa lapar jika telah lebih dari 3 jam.

2. Bayi Buang Air Kecil / Besar

Bila anda sudah memastikan bahwa bayi tidak haus ataupun lapar, maka anda diwajibkan mengecek Apakah anak sudah pipis ataupun buang air besar. Ini menjadi penyebab umum dan sangat sering terjadi namun kerap dilupakan oleh para orang tua. Jika anak anda pipis dan popoknya basah maka segera ganti dengan popok yang kering.

3. Lingkungan / sekeliling Bayi Tidak Membuatnya Nyaman

Penyebab bayi tidur gelisah dan menangis selanjutnya yaitu lingkungan yang tidak nyaman, pasalnya setiap orang akan sulit tidur bila kenyamanannya pun diganggu. Anda harus peka terhadap ini, apakah sekelilingnya bising, gaduh dan cuacanya panas ? Anda harus bisa mengatasinya segera sehingga bayi bisa tidur dengan bersih dan nyaman.

Baca juga : Bayi Sering Melihat Keatas Ada Yang Dia Lihat ? Jangan Percaya Mitos

4. Bayi Sedang Sakit

Terkadang bayi yang rewel bisa disebabkan karena adanya gangguan kesehatan pada tubuh Si bayi seperti keseleo, demam, perut kembung atau bahkan digigit oleh nyamuk. Sebenarnya jika orang tua peka terhadap Kelakuan si anak, Pasti orang tua akan sadar ada kelainan kesehatan pada si bayi dan anda pun segera bisa mengambil tindakan untuk mengatasi hal tersebut agar tidak berlarut.

5. Bayi Sedang Kolik

Faktor kolik biasanya akan dialami oleh bayi di malam hari dan di bulan bulan pertama setelah ia lahir. Kolik ini seperti halnya bayi yang mengalami kondisi perut kembung dan tentunya mengganggu kenyamanan tidur si bayi. Bila bayi Anda mengalami kolik, dia akan terlihat seperti meringis kesakitan dan gelisah. Namun anda tidak perlu risau dan segera membawanya ke rumah sakit, pasalnya solusi untuk mengatasi hal ini hanya dengan anda menghindari makanan yang terdapat gas, perlu Anda ketahui ketika anda menyusui melalui ASI maka ASI sang ibu akan diserap oleh bayi dan berdampak buruk bagi kesehatan nya. Jadi apa yang dimakan oleh sang ibu sangat menentukan baik tidaknya kesehatan si bayi.

6. Kamar Yang Terlampau Terang

Kondisi kamar yang terlalu terang pun menjadi faktor kenapa bayi tidur gelisah dan menangis. Beberapa bayi ada yang suka dan bahkan tidak suka kamar yang terang. Jika kondisi kamar anda sekarang terang dan ia terlihat gelisah maka Cobalah Untuk mengatur cahaya di dalam kamar. Redupkan bohlam lampu anda dan lihat perubahan yang terjadi pada bayi. Jika rewelnya teratasi, maka ini adalah penyebab bayi anda tidur gelisah dan menangis.

7. Jangan Ajak Bayi Bermain Menjelang Jam Tidurnya

Cara mengatasi bayi tidur gelisah dan menangis yang terakhir adalah berhenti mengajak si anak atau bayi bermain sebelum dia tidur, khususnya ketika mendekati jam tidurnya. Pasalnya dengan mengajak bayi bermain saat mendekati waktu tidurnya membuat si bayi gelisah dan sulit untuk tidur.

Itulah tadi 7 tips penyebab dan cara mengatasi bayi tidur gelisah dan menangis yang bisa anda praktekkan tanpa harus membawa anak anda ke dokter. Tapi jika semua tips diatas masih juga belum mengatasi rasa gelisah dan bayi terus menangis maka anda patut membawanya ke rumah sakit sebab dengan membawanya ke rumah sakit kemungkinan bisa menyelesaikan masalahnya, semoga artikel ini bermanfaat terimakasih.